3 Makanan Khas Kroasia

3 Makanan Khas Kroasia

Apa saja makanan khas Kroasia? Sebelumnya, Kroasia merupakan salah satu negara yang sarat akan tradisi, budaya, dan sejarah di kawasan benua Eropa.

Kroasia memiliki semenanjung pantai cantik yang letaknya cukup dekat dengan beberapa negara Eropa lain. Mungkin karena ini pula sedikit banyak makanan Kroasia mirip seperti menu dari Austria, Italia, ataupun Turki.

Berikut ini adalah 3 Makanan Khas Kroasia, mari kita simak :

1. Pasticada s njokima

Hidangan ini disebut sebagai masakan ratu Dalmatian. Biasanya orang Kroasia membuat makanan ini sebagai hidangan sehari-hari.

Terbuat dari daging sapi muda yang direndam dalam cuka anggur selama beberapa hari lalu kemudian dimasak perlahan hingga jus dari dagingnya keluar. Makanan ini disajikan bersama gnocchi. Sekali mencicip makanan ini, rasanya akan teringat terus.

baca juga artikel berikut ini : 3 Makanan Khas Jerman

Sayangnya, proses memasak yang lama dan bahan bumbu yang terbilang mahal membuat hidangan ini menjadi agak langka. Kalau sangat penasaran, bisa datang ke Dalmatian agar bisa mencicip rasa yang autentik.

2. Bakalar S Krumpirom

Hidangan lezat ini terdiri dari ikan cod kering yang disajikan dengan kentang. Ini merupakan makanan khas Kroasia. Selama libur sebelum Paskah dan hari keagamaan lainnya juga kerap tersaji.

Bumbu yang digunakan juga cukup simpel, yakni terdiri dari bawang putih cincang, bawang merah dan peterseli.

 

baca juga artikel berikut ini : 3 Makanan Khas Finlandia

3. Hobotnica ispod peke

Menu khas Kroasia lainnya hadir dengan memadukan beberapa bahan utama seperti daging sapi dan sayuran. Namun, biasanya hobotnica ispod peke dibuat dengan seafood gurita yang dicampur kentang.

Dimana gurita dibiarkan utuh dan ditata sedemikian rupa di bagian tengah. Sehingga memberi pusat perhatian yang menarik. Soal rasa cukup khas karena dibumbui dengan rempah-rempah Mediterania dan madu.

Cara memasak hobotnica ispod peke cukup unik dan berlangsung cukup lama sampai 2 jam. Saat memasak semua bahan utama dimasukkan dalam wadah berbentuk lonceng.

Perapian yang digunakan masih cukup tradisional, yakni menggunakan bara api yang nyatanya menambah khas cita rasa hobotnica ispod peke. Adapun metode memasak ini diketahui masih digunakan pula di Montenegro dan Bosnia.

Nah, itulah 3 Makanan Khas Kroasia yang wajib kalian coba dan dapat menjadi rekomendasi untuk kalian semua yang akan berlibur ke sana, semoga dapat bemanfaat untuk kalian semua. terima kasih,